Kamis, 07 Februari 2013

Syamsir Alam Ingin Buka Jalan Pemain Indonesia ke MLS


Penyerang muda Indonesia, Syamsir Alam, resmi hijrah ke klub Liga Amerika Serikat (MLS), DC United. Kehadiran pria 20 tahun itu diharapkan bisa membuka jalan bagi pemain-pemain Indonesia lainnya.

Syamsir resmi dilepas klub Divisi 2 Liga Belgia, CS Vise, ke DC United pada Jumat, 25 Januari 2013, lalu. Saat ini, statusnya masih pinjaman selama 1 tahun, namun karirnya bisa berlanjut di sana.

"Kalau dinilai bagus, maka saya akan jadi pemain tetap," ujarnya saat ditemui wartawan di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin siang. "Tapi, target pertama saya adalah masuk tim dulu dan mudah-mudahan bisa dapat tempat di tim utama dengan cara bermain sebaik-baiknya."

Mendapat kesempatan menjajal salah satu liga berkelas dunia, pemain yang mengasah kemampuan di tim SAD Indonesia di Uruguay ini menyimpan motivasi lebih. Syamsir ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga memiliki banyak pemain berbakat.

"Saya ingin orang di sana bisa melihat Indonesia itu negaranya bisa main bola. Jadi mudah-mudahan saya bisa membuka jalan bagi pemain-pemain yang lain," katanya.

"Sebenarnya saya tidak punya target mau main di mana lalu nanti ke mana. Prinsip hidup saya, mau main di mana pun kesempatan harus diambil. Karena ke depannya kita belum tahu ada kesempatan lebih baik dari ini atau tidak," ujar Syamsir.

Tantangan besar bagi pesepakbola adalah perbedaan gaya permainan dan lingkungan di setiap negara. Tapi, hal itu tak ditakutkan Syamsir. Ia mengaku tidak akan kesulitan beradaptasi dengan DC United. Pengalamannya hidup mandiri di Uruguay dan Belgia bisa menjadi bekal penting.

"Mungkin tiap negara memiliki gaya permainan yang beda-beda. Tapi, kalau sudah di lapangan, sepertinya semua sama. Saya hanya harus beradaptasi dengan lingkungan dan gaya hidupnya saja di setiap negara," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar