Kamis, 17 Januari 2013

Juara La Liga, Statistik Berpihak ke Barcelona


Kompetisi La Liga musim 2012-13 sudah memasuki paruh musim. Barcelona masih kokoh di puncak klasemen dengan 55 poin. Kondisi itu membuat Azulgrana difavoritkan untuk menjuarai La Liga musim ini. Setidaknya statistik berpihak ke Barcelona.

Barcelona saat ini unggul 11 poin atas Atletico Madrid dan 18 poin atas Real Madrid setelah matchday ke-19. Dalam 15 musim terakhir, hanya ada tiga tim yang gagal merebut gelar La Liga setelah menjadi juara paruh musim.

Berikut ini sejumlah data tersebut seperti dikutip dari Infolivestrada:

> Pada musim 2006/2007, Real Madrid menjuarai La Liga setelah unggul head-to-head atas Barcelona. Di paruh musim, Barcelona sempat memimpin liga dengan keunggulan enam poin atas Los Blancos.

> Real Sociedad membuang peluang menjuarai musim 2002/2003 usai menjadi juara paruh musim. Madrid yang terus menguntit Sociedad akhirnya menjuarai La Liga musim itu dengan keunggulan dua poin.

> Musim lainnya ketika juara paruh musim gagal menjadi juara La Liga terjadi pada 2001/2002. Madrid gagal mempertahankan posisi puncak saat paruh musim dan hanya mengakhiri musim di posisi 3. Gelar La Liga akhirnya jatuh ke tangan Valencia.

Barcelona tercatat delapan kali menjadi juara paruh musim La Liga dalam 15 musim terakhir. Tujuh di antaranya diselesaikan Barcelona dengan menjadi juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar